Peninggalan Mesir Kuno Ini Layak Dikunjungi
Peninggalan Mesir Kuno Ini Layak Dikunjungi Peninggalan Mesir Kuno Ini Layak Dikunjungi, - Ribuan tahun yang lalu, berdiri sebuah peradaban kuno terbesar di lembah Sungai Nil yang sekarang menjadi wilayah negara Mesir. Peradaban Mesir Kuno diduga dimulai ketika adanya unifikasi Mesir Hulu dan Hilir pada 3150 SM. Berdasarkan catatan peneliti, peradaban Mesir Kuno berkembang lebih […]

Peninggalan Mesir Kuno Ini Layak Dikunjungi

Peninggalan Mesir Kuno Ini Layak Dikunjungi, - Ribuan tahun yang lalu, berdiri sebuah peradaban kuno terbesar di lembah Sungai Nil yang sekarang menjadi wilayah negara Mesir. Peradaban Mesir Kuno diduga dimulai ketika adanya unifikasi Mesir Hulu dan Hilir pada 3150 SM.

Berdasarkan catatan peneliti, peradaban Mesir Kuno berkembang lebih dari tiga milenium dan dianggap berakhir setelah penaklukan Kekaisaran Romawi pada 31 SM.

Bagi Anda yang belum tahu, berikut bangunan-bangunan peninggalan Mesir Kuno yang layak dikunjungi saat traveling ke Mesir dan gak kalah keren dari Piramida Agung Giza.

1. Kuil Luxor (Temple of Luxor)

Dilansir https://thecomixverse.com, Kuil ini merupakan salah satu tempat peribadatan terbesar Mesir Kuno, khususnya di daerah selatan sungai Nil. Luxor dibangun 3400 tahun yang lalu. Dibanding kuil-kuil lainnya, Kuil Luxor terbilang cukup unik karena tidak didedikasikan untuk memuja dewa kematian. Namun, kuil ini digunakan sebagai tempat dimahkotainya firaun baru yang akan menduduki tahta Mesir Kuno.

2. Kuil Abydos (Abydos Temple)

Kuil ini terletak di Abydos, kota paling tua dalam sejarah Mesir Kuno. Tempat ini dihuni para firaun Zaman Predinasti. Kuil Abydos merupakan situs memorial Seti I, di mana di dalamnya terdapat sebuah inskripsi daftar Firaun Abydos mulai dari Menes sampai Ramses I.

3. Heliopolis

Heliopolis merupakan kota metropolitan era Mesir Kuno. Salah satu landmark dari kota Heliopolis yang masih berdiri kokoh sekarang adalah Obelisk Al-Masalla. Saat ini, Heliopolis berada di kawasan Ain Shams modern, kota satelit timur laut Kairo.

4. Kuil Philae (Philae Temple)

Kuil Philae terletak di sebuah pulau di tengah sungai Nil. Tempat ini juga menjadi salah satu bagian dari kompleks bangunan Mesir Kuno yang terletak di selatan Sungai Nil. Sempat dibongkar, situs ini dipindahkan UNESCO karena terancam tenggelam akibat pembangunan bendungan Aswan.

5. Kuil Ramses II (Temple of Ramses II)

Ramses II, firaun paling mahsyur dalam sejarah Mesir Kuno, membangun kuil ini di kawasan selatan sungai Nil. Tujuan dari didirikannya tempat peribadatan tersebut adalah untuk menakuti negara tetangganya, Nubia. Selain itu, kuil Ramses II juga dibangun sebagai wujud kemenangan Mesir Kuno dalam pertempuran Kadesh.

6. Kuil Ramses III (Temple of Ramses III)

Kuil Ramses III terletak di Medinat Habu. Tempat ini berisikan kamar mayat firaun era Kerajaan Baru. Di dalamnya terdapat relief mengesankan yang bercerita tentang kedatangan dan kekalahan Masyarakat Laut selama Ramses III duduk di tahta Mesir Kuno.

7. Lembah Para Raja (The Valley of The Kings)

Tempat ini merupakan bagian dari kompleks Mesir Kuno di Luxor. Lembah Para Raja didedikasikan sebagai kuburan batu kaum bangsawan, khususnya firaun, di era Kerajaan Baru. Makam-makam tersebut diberi ukiran relief artistik berisikan mitologi kepercayaan Mesir Kuno.

8. Kuil Hatshepsut (Temple of Hatshepsut)

Peninggalan terakhir Mesir Kuno selain Piramida Giza yang layak dikunjungi adalah Kuil Hatshepsut. Tempat ini juga berdekatan dengan Lembah Para Raja. Kuil Hatshepsut merupakan kawasan pemakaman elit para firaun Dinasti Kedelapan Belas. Secara khusus, kuil ini didedikasin untuk Amun dan Hatshepsut.

*** Nah, itulah peninggalan Mesir Kuno selain Piramida Giza yang layak Anda kunjungi saat berlibur ke Mesir. Tempat mana nih yang paling menarik perhatian Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *